Saturday, December 16, 2017

MARGA ITU APA ?

                        Kata MARGA yang terpakai dalam masyarakat Mandailing asalnya kata SANSEKERTA/SANSKRIT dan artinya WARNA.
                    Bagi masyarakat MANDAILING ,MARGA dimaknai kelompok yang berasal  dari nenek moyang yang sama.Dengan kata lain MARGA  merupakan SILSILAH dari nenek moyang asalnya.Biasanya yang semarga merasa bersaudara kandung,saling melindungi dan saling tolong-menolong.
                    Silsilah yang menunjuk kepada nenek moyang dan marga yang sama dikenal sebagai TAROMBO yang dianggap oleh orang Mandailing sebagai warisan turun temurun yang disimpan dan dipelihara dengan baik.
                    Melalui tarombo orang yang semarga mengetahui asal usul dan jumlah keturunan mereka sampai kini.Jumlah keturunan sampai yang terkini merupakan dasar hitungan sudah berapa lama sesuatu kelompok marga mendiami wilayah Mandailing atau TANO rura MANDAILING.
                    Semisal TAROMBO / GENEOLOGI MARGA LUBIS mencatat 22 sundut atau keturunan . Jika diperhitungkan setiap satu sundut merentang  25 tahun,Marga Lubis dapat menelusuri nenek moyangnya sehingga 550 yang silam.Maka dapatlah dikatakan MARGA LUBIS telah berexistensi atau mendiami Wilayah Mandailing/TANO rura MANDAILING  semenjak abad 15 dahulu.Tarombo Marga Nasution mengandung 19 sundut atau keturunan yang merentang 475 tahun ke masa lalu.( Abdur-Razzaq Lubis ).
                    Maka MARGA dapat dirumuskan sebagai kelompok orang dari keturunan seorang moyang yang sama.Garis keturunan itu ditarik dari bapak dan bersifat patrilineal.
                    Semua anggota MARGA memakai nama MARGA yang dibubuhkan di belakang nama sendiri dan melambangkan mereka punya nenek moyang yang sama.
                   Ada suatu keyakinan bahwa orang yang menggunakan nama marga yang sama terjalin hubungan darah dan salah satu pertandanya adalah larangan kawin bagi wanita dan priya yang mempunyai nama marga yang sama.
                    Justru silsilah atau tarombo bersifat patrilineal,hanya laki-laki /priya yang menyambung marga bapaknya dan bukan marga pihak ibunya.
                    Orang Mandailing priya dan wanita memakai nama marga bapaknya.Wanita Mandailing yang sudah menikah terus memakai nama marga dari bapaknya,bukan nama marga suaminya.

Sumber/Referensi : patuandolok . Blogspot . my 
Ps  01 13  2018:

                     Kebayakan para sarjana berpendapat ada 16-17 marga dalam Masyarakat Mandailing; mungkin pula lebih daripada itu.Marga-marga yang seringkali diketahui oleh masyarakat umum seperti berkut:
          1.Batubara
          2.Daule
          3.Harahap
          4.Hasibuan
          5.Hutasuhut
          6.Lubis - Lubis Hutanopan dan Lubis Singasoro
          7.Matondang
          8.Nasution - ada 11 kategori  Nasution
          9.Pane.          10,Panggabean.          11.Parinduri.          12.Pulungan
          13.Rambe.     14.Rangkuti.              15.Siregar.             16.Tanjung.
NB.     Marga Harahap dan Siregar sebenarnya mayoritas terdapat di wilayah Angkola yang berbatasan dengan Tanah Mandailing.
Referensi: Abdur-Razzaq Lubis Raja Bilah And The Mandailing In Perak p33 n 6 dll 
                Mangaradja Lelo Lubis Keluarga Besar Mandailing Medan 1986
                Pangaduan Lubis Kisah Asal-Usul Marga di Mandailing Medan 1986.

No comments:

Post a Comment